7 Inspirasi Desain Dengan Tangga Rumah Sempit Terbaik 2021

Lahan yang semakin terbatas seperti saat ini cenderung mengharuskan para pemilik rumah termasuk Anda untuk berpandai-pandai memutar otak dalam menata ruangan. Semua hal perlu diperhatikan sehingga ruangan akan tetap terlihat luas dan elegan. Mulai dengan pemilihan perabotan, pemilihan cat warna dan hal lainnya.

Termasuk juga ketika memilih tangga untuk rumah yang minimali dan sempit. Meskipun ukuran rumah sempit hal tersebut tidak jadi alasan bagi Anda untuk membuat tangga. Salah satu jenis tangga yang bisa dipilih ada tangga ergonomis dan memberikan kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya.

Dengan adanya rumah yang sempit justru bisa dimanfaatkan Anda untuk merancang tangga rumah minimalis yang unik, memiliki ukuran pas dan memberikan kesan luas. Dua hal yang paling penting untuk Anda Perhatikan ketika membuat tangga pada rumah minimalis adalah

poin fungsionalitas dan poin estetik. Berikut beberapa inspirasi tangga untuk rumah sempit yang bisa Anda jadikan referensi.

Tangga Rumah Multifungsi Sebagai Rak

Seperti penjelasan awal ruangan rumah yang sempit mengharuskan Anda untuk bisa kreatif dalam merancang berbagai macam hal, termasuk juga dengan bagian tangga. Agar tidak memakan banyak tempat dan masih bisa digunakan untuk hal lainnya, maka salah satu idenya ada tangga multifungsi.

Tangga ini merupakan jenis tangga yang memiliki cukup banyak fungsi. Dengan begitu bagian tangga minimalis bisa digunakan untuk hal lainnya. Salah satu ide yang bisa dipilih adalah menggabungkan antara fungsi tangga dan rak jadi satu.

Apabila cat rumah anda berwarna biru muda, rumah ini akan cocok sekali dengan hunian anda

Ruang kosong yang biasanya tidak digunakan pada tangga konvensional nantinya bisa dialih fungsikan sebagai rak. Terlebih pada rumah berukuran kecil yang mana masih menggunakan konsep split level, tangga semacam ini tentunya akan sangat pas  ketika digunakan. Rak-rak pada tangga sangat cocok dipakai menyimpan beberapa benda seperti halnya buku, sepatu, serta beberapa benda lainnya.

Desain Tangga Melayang

Siapa sangka bukan hanya rak dinding saja yang bisa dibuat secara melayang. Kini tangga rumah minimalis juga bisa Anda buat secara melayang ya. Tujuannya adalah agar tidak memakan cukup banyak tempat pada hunian minimalis.

Desain tangga melayang akan sangat cocok bagi rumah kecil yang mana memang mempunyai beberapa ruangan sempit. Pasalnya bentuk dari tangga sangat terbuka serta tidak mempunyai railing.

Meskipun memiliki bentuk dan desain yang menarik, tangga tidak bisa dibuat secara asal ya. Anda tetap akan membutuhkan bantuan dari tenaga ahli ketika membuat tangga melayang. Tangga ini membutuhkan struktur kuat yang ditanam dalam dinding.

Bahkan untuk bahan material yang digunakan pun harus kuat. Hanya saja hal yang perlu Anda perhatikan adalah hindari tangga semacam ini jika saat ini mempunyai anak kecil di rumah, karena akan berbahaya bagi anak kecil,

Desain Tangga Sederhana

Jika Anda orang yang sangat memprioritaskan keamanan pada bagian tangga, jauh lebih baik untuk tetap memilih bentuk tangga sederhana. Bentuk tangga minimalis sederhana memiliki anak tangga cukup landai serta akan dilindungi dengan railing yang aman.

Meskipun tangga sederhana memang sudah sangat umum ditemukan pada beberapa jenis rumah. Bahkan desainnya yang cenderung membosankan, Anda tetap bisa membuatnya lebih menarik dengan  menambahkan kreasi menarik.

Misalnya saja membuat perpaduan bahan material yang menarik seperti menambahkan aksen kayu agar bisa memberikan  sentuhan kesan cerah. Selain itu, juga dapat memakai karpet yang mana bisa diganti kapan saja sesuka hati. Untuk model dan jenisnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan.

Desain Tangga Rumah Lipat

Selain model tipe tangga di atas Anda pun bisa memilih tangga dengan desain lipat. Hanya saja tangga jenis satu ini hanya bisa dijadikan sebagai tangga sekunder yang akan mendukung beberapa akses tertentu. Seperti halnya dengan akses menuju ruangan loteng yang ada di atas rumah.

Hanya saja memang tidak menutup kemungkinan juga jika Anda ingin menjadikan tangga lipat jadi tangga utama yang mana menghubungan antara  lantai dasar dan lantai atas. Apabila ingin memakainya sebagai lantai utama, Anda wajib memperhatikan aspek aksesibilitas maupun keamanan.

Desain TanggaRumah  Spiral

Desain tangga rumah minimalis menjadi pilihan paling tepat apabila ruangan rumah memang benar-benar sempit. Tangga ini nantinya tidak akan memerlukan banyak ruang pasalnya bentuknya memutar serta ukurannya relatif kecil.

Bukan sekadar itu saja untuk tingkat keamanannya juga  lebih terjamin jika dibanding dengan tangga melayang yang mana tidak memiliki railing. Sedangkan untuk hal yang sangat perlu untuk Anda perhatikan dari tangga spiral yakni pemilihan bahan materialnya, pastikan serasi dengan konsep dan gaya rumah.

Bagaimana rumah bukan tidak mungkin bukan membuat tangga pada rumah minimalis atau sempit? Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan membuat tangga minimalis yang mana tidak akan memakan banyak ruangan dan tempat. Selain itu, Anda juga bisa memilih tangga multifungsi agar bisa digunakan untuk hal lainnya.