11 Ide Memanfaatkan Taman Belakang Rumah Sempit Jadi Cantik & Keren

Taman jadi salah satu spot atau area yang kadang sengaja dibuat oleh pemilik rumah untuk tujuan tertentu. Misalnya saja agar memberikan kesejukan dan lahan hijau di rumah. Taman tidak hanya bisa dibuat pada depan rumah saja, namun juga di bagian belakang rumah.

Kadang banyak orang yang cukup cuek atau abai dengan lahan di bagian belakang padahal bisa dijadikan sebagai taman belakang rumah. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda memiliki taman.

Bahkan jika lahannya cenderung sempit pun masih bisa dibuat taman minimalis dengan bentuk modern. Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki taman sendiri di belakang rumah.

Sebagai Penghasil dari Oksigen dan Menyaring Polusi Udara

 taman minimalis belakang rumah

Manfaat paling utama yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki taman di belakang rumah adalah sebagai penghasil oksigen. Dengan begitu secara otomatis polusi udara bisa disaring.

Taman nantinya akan dihias oleh berbagai jenis tanaman. Selain menambah nilai estetika beberapa tanaman yang ada juga akan jadi sumber oksigen,

Dengan keberadaan taman,  maka nantinya udara yang ada di sekitarnya terasa semakin bersih serta bebas polusi udara. Jika Anda tinggal pada kawasan perkotaan maka sangat disarankan untuk membuat taman di area belakang juga. Tujuannya adalah agar udara bisa tetap terjaga dan bersih.

Beberapa polusi udara seperti debu, asap kendaraan serta asap pabrik memiliki kandungan CO2 atau yang lebih dikenal dengan zat karbondioksida. Zat tersebut tentunya bisa menyebabkan gangguan pada pernafasan serta beberapa gangguan kesehatan yang lainnya. Hanya saja keberadaan dari tanaman di taman Anda akan menjadikan sirkulasi udara jadi lebih segar.

Membuat Cantik Rumah dengan Taman Belakang

 taman minimalis belakang rumah

Seperti penjelasan awal manfaat taman belakang rumah adalah menambah nilai estetika sehingga hunian Anda akan semakin terlihat cantik. Bukan hanya itu saja, taman juga bisa dijadikan sebagai pelengkap dari arsitektur hunian

Keberadaan berbagai jenis tanaman hias maupun tanaman bunga dengan warna yang berbeda menjadikan hunian Anda terlihat semakin berbeda dari pada biasanya.

Bahkan hunian yang dilengkapi dengan taman indah dan rapi jadi salah satu hal idaman bagi sebagian besar orang.  Apalagi jika dilengkapi dengan adanya kolam ikan dan gazebo yang mana nantinya bisa digunakan sebagai tempat untuk  bersantai bersama keluarga.

Taman Belakang Bisa Dijadikan Tempat untuk Melepaskan Penat

 taman minimalis belakang rumah

Berbagai jenis tanaman memiliki manfaat, selain sebagai penghasil oksigen tanaman di taman akan jadi salah satu hal yang bisa menyegarkan pikiran Anda. Taman bisa digunakan sebagai tempat untuk melakukan olahraga kecil seperti halnya dengan yoga di pagi hari.

Selain itu Anda juga bisa bersantai di bagian gazebo taman sambi dengan keluarga, atau sahabat. Bahkan beberapa aktivitas juga bisa dilakukan di taman belakang seperti halnya dengan membaca buku, sekedar menikmati udara yang segar, minum kopi dan lainnya.

Bisa Digunakan Sebagai Tempat Bermain dan Belajar Buah Hati

 taman minimalis belakang rumah

Selain bisa bermanfaat untuk orang dewasa taman belakang rumah juga memberikan keuntungan untuk usia anak-anak. Keuntungan tersebut adalah dapat memanfaatkan taman sebagai tempat untuk belajar atau bermain buah hati agar tidak merasa bosan.

Taman yang dibuat aman bagi buah hati bisa menjadi tempat bermain bagi anak tanpa Anda harus merasa khawatir. Sembari mengawasi anak Anda pun bisa bersantai atau melakukan beberapa aktivitas lainnya.

Udara yang sejuk akan menjadikan anak tidak mudah merasa bosan dan lebih fokus dalam belajar. Bukan hanya itu saja taman juga akan mengurangi penggunaan smartphone pada buah hati. Berbagai sarana permainan tentunya  bisa dilengkapi dan ditambahkan pada taman sehingga anak akan semakin merasa betah berlama-lama di sana.

Menyalurkan Hobi melalui Taman Belakang

Beberapa hobi tentunya dapat tersalurkan ketika memiliki taman belakang rumah, misalnya saja hobi berkebun atau memelihara ikan. Taman yang dilengkapi dengan berbagai jenis tanaman akan jadi sarana bagi Anda sebagai media menyalurkan hobi berkebun.

Hal ini tentunya juga bisa jadi solusi bagi Anda yang saat ini gemar urban farming. Anda tetap bisa berkebun meskipun tinggal di kawasan kota.

Lain halnya jika Anda hobi memelihara ikan, maka tidak ada salahnya untuk menambahkan kolam yang nantinya bisa diisi dengan ikan kesukaan. Dari sini Anda bisa menyalurkan hobi untuk memelihara ikan.

Taman akan semakin terasa lengkap dan cantik dengan keberadaan dari kolam lengkap bersama berbagai jenis ikan hias. Lebih menariknya taman bisa dilengkapi dengan berbagai macam peralatan olahraga sehingga bisa menyalurkan hobi dalam berolahraga

Selain tanaman outdoor anda juga harus menghias rumah anda dengan tanaman indoor yang cocok digunakan di dalam rumah anda dan menambah asri suasana hunian rumah.

Bagaimana cukup banyak bukan manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki taman belakang rumah. Dari pada tidak digunakan, tidak ada salanya bagi Anda untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai taman di belakang rumah.

Tidak perlu khawatir mengenai luasnya, karena saat ini sudah ada banyak sekali jenis taman modern dan minimalis.