14 Format Sms Banking Mandiri : Pendaftaran, Cek Saldo & Transfer

SMS Banking Mandiri adalah salah satu fitur andalan Mandiri yang dapat anda gunakan apabila anda berada di daerah yang sulit signal dan tidak ada internet.

Untuk memudahkan transaksi online perbankan menyediakan berbagai fitur untuk mendukung transaksi tersebut seperti sms Banking. Mobile Banking, dan Internet Banking.

Salah satu  lembaga perbankan yang menyediakan fitur SMS Banking, Internet Banking, maupun Mobile Banking yaitu Bank Mandiri.

Ingin tahu bagaimana cara mengakses fitur SMS Banking Bank Mandiri. Berikut kami telah merangkum tutorial mulai dari tahap pendaftaran. Format sms. Hingga limit transaksi yang bisa anda gunakan untuk melakukan transaksi.

Cara daftar SMS Banking Mandiri

Terdapat beberapa cara untuk mendaftarkan rekening bank Mandiri anda untuk dapat menggunakan akses fitur SMS Banking. Anda dapat memilih pengaktifan SMS banking tersebut melalui dua cara.

Pendaftaran SMS Banking lewat kantor cabang mandiri untuk mendapatkan akses fitur sms banking lengkap. Atau menggunakan cara kedua yaitu pendaftaran sms banking melalui ATM Mandiri.

Untuk pendaftaran melalui ATM, fitur yang aktif tidak selengkap dengan pengaktifan melalui kantor cabang mandiri. Anda hanya dapat menggunakan sms banking untuk transaksi non finansial.

Transaksi non finansial tersebut contohnya seperti melakukan cek saldo terbaru rekening bank mandiri anda. Dan pengecekan mutasi terakhir di rekening.

Untuk transaksi finansial anda perlu melakukan pendaftaran rekening sms Banking tersebut melalui kantor cabang mandiri. Sehingga akun anda dapat digunakan untuk melakukan transfer antar bank maupun sesama bank mandiri. Pembayaran token listrik, dan lain sebagainya.

Pendaftaran SMS Banking di Kantor Cabang Mandiri (Fitur Lengkap)

Salah satu cara untuk mengaktifkan SMS Banking Bank Mandiri. Yaitu dengan mendatangi customer service di kantor cabang mandiri terdekat dari lokasi anda. Berikut telah kami ringkas tahapan pendaftaran SMS Banking melalui kantor cabang bank mandiri.

  1. Langkah awal untuk mendaftarkan rekening bank mandiri untuk fitur SMS Banking yaitu datangi kantor cabang bank mandiri terdekat dari lokasi anda. Sebelumnya anda perlu menyiapkan berkas yang diperlukan sebagai syarat mendaftarkan rekening tersebut. Berkas tersebut antara lain buku tabungan mandiri. Nomor ponsel yang ingin anda gunakan sebagai SMS Banking. Dan kartu identitas KTP.
  2. Langkah selanjutnya setelah sampai di kantor cabang terdekat. Beritahukan maksud kedatangan anda ke petugas bank mandiri. Anda kemudian akan diberikan form registrasi untuk pendaftaran rekening menggunakan fitur SMS Banking tersebut beserta nomor antrian pelayanan bank.
  3. Langkah ketiga yaitu isikan form registrasi tersebut sesuai dengan data nasabah anda yang sebenarnya sembari menunggu giliran antrian dipanggil. Jika anda mengalami kesulitan saat mengisi form tersebut bisa anda lewati untuk kemudian anda tanyakan pada customer service yang melayani.
  4. Saat tiba giliran anda dipanggil datangi customer service dan serahkan form registrasi tersebut. Tunggu instruksi customer service selanjutnya untuk melanjutkan pendaftaran. Sampaikan juga maksud tujuanmu untuk melakukan registrasi SMS Banking di nomor handphone
  5. Selanjutnya tunggu giliran pendaftaran anda diproses. Setelah selesai pihak customer service akan mengabari anda. Selamat nomor handphone anda bisa digunakan untuk mengakses fitur SMS Banking bank mandiri.

sms banking mandiri

Pendaftaran SMS Banking di ATM Mandiri (Fitur Non Finansial)

Cara lain untuk mengaktifkan SMS Banking secara cepat yaitu melalui ATM Mandiri. Namun begitu, pendaftaran lewat atm memiliki kelemahan yaitu fitur yang tidak selengkap pendaftaran lewat customer service.

Berikut telah kami ringkas bagaimana cara untuk melakukan pendaftaran rekening anda untuk mengaktifkan SMS Banking lewat ATM Mandiri.

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu kunjungi atm bank mandiri terdekat dari lokasi anda
  2. Langkah selanjutnya yaitu masukan kartu ATM ke dalam mesin, pilih bahasa yang ingin anda gunakan. Dan jangan lupa untuk memasukan nomor PIN untuk dapat mengakses menu utama ATM Mandiri.
  3. Langkah ketiga yaitu di bagian Menu Utama pilih menu Transaksi Lain > kemudian pilih Pendaftaran e-Banking > selanjutnya pilih Lanjut.
  4. Di layar atm kemudian akan muncul baris untuk memasukan nomor handphone yang ingin anda gunakan untuk dapat mengakses fitur SMS Banking di handphone. Maka langkah selanjutnya adalah masukan nomor telepon HP anda. Setelah itu pilih lanjut
  5. Setelah memasukan nomor handphone berhasil anda akan diminta untuk memasukan PIN Mandiri yang ingin anda gunakan sebagai kode saat melakukan SMS Banking. PIN SMS Banking tersebut boleh sama dengan PIN atm anda. Atau juga boleh berbeda sesuai yang anda inginkan.
  6. Setelah PIN SMS Banking selesai anda buat. Masukkan kembali Kode PIN SMS Banking tersebut untuk konfirmasi kemudian tekan pilihan lanjut
  7. Kemudian akan muncul notifikasi untuk memastikan bahwa yang dimasukan oleh nasabah memiliki data yang benar. Selanjutnya tekan pilihan lanjut
  8. Langkah kedelapan anda akan diminta untuk memasukan tanggal lahir. Isikan tanda lahir anda pada kolom yang tersedia kemudian tekan lanjut
  9. Jika semuanya benar akan muncul kode OTP yang dikirim lewat SMS ke nomor handphone yang ingin anda aktifkan fitur SMS Banking. Masukkan kode OTP tersebut ke kolom yang tersedia. Kemudian tekan lanjut
  10. Setelah kode OTP selesai dimasukkan. Selamat anda dapat menggunakan fitur SMS Banking sesuai kebutuhan anda.

Catatan dengan pendaftaran fitur sms banking pada nomor telepon melalui ATM layanan hanya untuk transaksi non finansial. Untuk fitur penuh dengan transaksi finansial anda harus datang ke lokasi kantor cabang mandiri terdekat.

Contoh transaksi non finansial yaitu seperti : cek saldo, cek mutasi terakhir, Untuk dapat melakukan transaksi finansial seperti transfer dll. Nasabah perlu melakukan aktivasi di Customer Service Bank Mandiri.

Format SMS Banking Mandiri untuk transfer, Cek saldo dll

Untuk melakukan transaksi baik finansial maupun non-finansial melalui SMS Banking. Nasabah atau pengguna bank mandiri perlu mengetahui format sms yang bisa digunakan.

Ada beberapa jenis format yang bisa anda gunakan. Oleh karena itu kami telah meringkas berbagai format yang bisa anda gunakan untuk melakukan transaksi tersebut.

Cara transfer via SMS *141*6#

Dalam format sms *141*6# anda dapat melakukan transfer ke sesama rekening bank mandiri.

Namun format tersebut hanya bisa digunakan di jaringan Telkomsel, XL, dan Indosat. Tahapan cara menggunakan format SMS Banking tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama buka menu panggilan di telepon genggam anda. Kemudian ketikan *141*6#
  2. Selanjutnya akan muncul menu utama. Di menu utama anda kemudian pilih nomor 3 yaitu Transfer.
  3. Langkah ketiga anda kemudian pilih menu nomor 2 yaitu Antar Rekening. Untuk transfer menggunakan format tersebut hanya bisa melakukan transfer sesama bank mandiri
  4. Langkah berikutnya masukan nomor rekening tujuan bank mandiri yang anda inginkan. Tekan lanjutkan
  5. Kemudian anda akan diminta untuk memasukan nominal besar uang yang ingin anda transfer ke rekening tersebut. Kemudian tekan lanjutkan
  6. Langkah terakhir akan muncul perintah untuk memasukan PIN SMS Banking anda
  7. Jika transfer berhasil dapat ditandai dengan notifikasi yang masuk ke hp anda

Cara transfer via 3355

Untuk SMS Banking menggunakan format 3355. Dapat digunakan untuk melakukan transaksi transfer bank.

Format tersebut menggunakan fitur pesan sms yang berbentuk format pesan harus sesuai kemudian anda perlu mengirimnya ke nomor “3355”.

Berikut akan kami jabarkan tahapan untuk melakukan format transfer tersebut

  1. Langkah pertama yaitu di telepon genggam anda buka fitur buat pesan sms
  2. Langkah selanjutnya tulislah format pesan sms untuk melakukan transfer seperti berikut ini: TRT <spasi> kode rekening mandiri yang ingin anda gunakan <spasi> rekening tujuan yang ingin anda lakukan transfer <spasi> jumlah nominal uang yang ingin anda transfer.
  3. Setelah format pesan sms sesuai seperti di atas. Anda dapat mengirimkan pesan sms tersebut ke nomor 3355.
  4. Langkah terakhir jika transaksi berhasil akan muncul sms notifikasi jika transfer rekening uang anda telah berhasil.

Kode bank mandiri syariah sendiri adalah 451 sedangkan kode bank mandiri adalah 008

Cek Saldo Mandiri dengan SMS Banking

Untuk melakukan transaksi non finansial seperti mengecek saldo terbaru di rekening anda. Berikut langkah langkahnya.

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut. SAL<spasi>kode rekening yang ingin anda cek<spasi>4 digit nomor terakhir rekening anda yang ingin anda cek. Contoh format pesan tersebut yaitu: SAL 1 2314
  3. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355

Cara transfer Sesama Mandiri dengan SMS Banking

Jika anda ingin melakukan transaksi finansial dengan transfer antar rekening sesama bank Mandiri. Berikut kami berikan format yang harus anda tulis di SMS Banking mandiri sebagai berikut:

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut. TRT<spasi>kode rekening yang ingin anda gunakan untuk transfer<spasi>nomor rekening Bank Mandiri tujuan anda<spasi>besar nominal transfer yang ingin anda kirimkan. Contoh format pesan tersebut yaitu:TRT 1 12117892487 1000000
  3. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355

Cara Transfer Mandiri Ke Bank Lain dengan SMS Banking

Jika anda ingin melakukan transaksi finansial transfer ke rekening dengan beda Bank. Berikut format langkah yang bisa anda gunakan sebagai berikut:

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut. TRB<spasi>kode rekening yang ingin anda gunakan untuk transfer<spasi>nomor rekening tujuan anda<spasi>jumlah transfer yang  ingin anda kirimkan<spasi>nomor referensi. Contoh format pesan tersebut yaitu: TRB 1 124871284761 1000000 1234
  3. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355

Mutasi rekening

Untuk melakukan transaksi non finansial berupa informasi mutasi rekening terbaru. Berikut format sms banking yang bisa anda gunakan.

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut. TRN<spasi> kode rekening yang ingin anda cek<spasi>4 digit terakhir nomor rekening yang ingin anda cek. Contoh format pesan tersebut yaitu: TRN 1 1533
  3. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355

Cara Cek tagihan kartu kredit Mandiri

Untuk melakukan transaksi non finansial mengecek tagihan kartu kredit bank mandiri anda. Berikut langkah langkahnya.

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut. TGH KK<spasi>16 digit nomor kartu kredit anda<spasi>6 digit tanggal lahir yang anda miliki di kartu kredit.
  3. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355

Beli Token Pulsa PLN dengan Mandiri Banking

Dengan transaksi finansial membayar tagihan token pulsa PLN. Berikut langkah langkahnya.

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut. BYR PLN<spasi>kode rekening yang ingin anda gunakan<spasi>12 digit nomor pelanggan PLN anda.
  3. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355

Cara Isi Pulsa dengan Mandiri Banking

Dengan melakukan transaksi finansial membeli pulsa lewat sms banking. Berikut langkah yang bisa anda ikuti.

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut.ISI<spasi> kode rekening yang ingin anda gunakan<spasi>nomor handphone tujuan top up pulsa<spasi>besar voucher pulsa yang ingin anda beli.
  3. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355 

Informasi bunga deposito Mandiri

Untuk melakukan transaksi non finansial mengetahui informasi bunga deposito rekening mandiri anda. Berikut langkah yang bisa anda gunakan.

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut. DEP. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355

Informasi bunga tabungan Mandiri

Untuk melakukan transaksi non finansial mengetahui informasi bunga tabungan rekening mandiri anda. Berikut langkah yang bisa anda gunakan.

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut. TAB. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355

Informasi kurs

Formas sms banking untuk melakukan transaksi non finansial informasi kurs. Berikut langkah yang bisa anda gunakan.

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut: FX<spasi>3 digit kode mata uang yang ingin anda ketahui. Contoh: FX IDR.
  3. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355

Ganti PIN

Formas sms banking untuk melakukan pergantian password PIN anda. Berikut langkah yang bisa anda gunakan.

  1. Buka fitur buat pesan sms pada telepon genggam anda
  2. Langkah selanjutnya tulis format pesan sms singkat sebagai berikut: PIN<spasi>kode pin lama<spasi>kode pin baru<spasi>ketikkan kembali kode pin baru sebagai konfirmasi. Contoh: PIN 234433 666666 666666.
  3. Kemudian kirimkan format pesan sms anda tadi ke nomor berikut: 3355

Limit transaksi SMS Banking Mandiri

Selama pemakaian SMS Banking bank mandiri memiliki limit transfer. Yaitu batas transfer maksimal yang bisa anda gunakan dalam sehari. Besaran limit transfer tersebut berbeda beda bergantung pada apa yang anda gunakan.

Berikut kami lampirkan besaran maksimum limit transfer bergantun jenisnya

  1. Jenis transaksi transfer memiliki limit perhari yaitu sebesar 100.000.000 rupiah
  2. Jenis transaksi pembayaran non kartu kredit dengan limit perhari yaitu sebesar 100.000.000 rupiah
  3. Jenis transaksi pembayaran kartu kredit Bank Mandiri dengan limit perhari yaitu sebesar 100.000.000 rupiah
  4. Jenis transaksi pembayaran isi ulan pulsa dengan limit perhari yaitu sebesar 5.000.000 rupiah

FAQ SMS BANKING BANK Mandiri

Di jaman digital ini banyak nasabah yang telah mengaktifkan SMS Banking untuk keperluan berbisnis maupun belanja keseharian mereka.

Jika anda masih ragu untuk menggunakan fitur yang disediakan bank mandiri tersebut karena memiliki pertanyaan yang belum terjawab.

Berikut kami ringkas pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna SMS Banking Bank Mandiri:

Bagaimana Cara SMS Banking Mandiri?

Cara menggunakan SMS Banking mandiri dapat melalui berbagai cara. Umumnya anda dapat mengirimkan pesan sms dengan format tertentu sesuai keperluan yang anda inginkan. Cara tersebut biasa dipanggil dengan 3355.

Atau dapat menggunakan fitur panggilan telepon kemudian anda dapat memilih pilihan yang keluar di dalam menu. Cara tersebut yaitu menggunakan panggilan *141*6#

Bagaimana cara cek saldo mandiri lewat sms?

Untuk melakukan cek saldo mandiri lewat sms banking anda dapat menggunakan format pesan berikut:

SAL<spasi>kode rekening yang ingin anda cek<spasi>4 digit nomor terakhir rekening anda yang ingin anda cek

Kemudian dikirim ke nomor 3355

Bisakah Daftar sms banking mandiri lewat hp?

Untuk saat ini pendaftaran hanya melalui customer service di cabang bank mandiri atau pendaftaran melalui mesin atm.

Apakah daftar sms banking mandiri harus ke bank?

Pendaftaran m banking untuk fitur penuh anda perlu menuju cabang bank mandiri terdekat. Namun jika anda hanya ingin menggunakan fitur transaksi non finansial dapat diaktifkan lewat mesin atm bank mandiri.

Bagaimana cara mengaktifkan sms banking mandiri?

Untuk mengaktifkan m banking bank mandiri dapat dengan dua cara. Yaitu dengan datang ke lokasi cabang bank mandiri tedekat. Atau dapat menggunakan mesin atm bank mandiri.