Bandingkan ! Mana KPR Bank Termurah dengan Simulasi KPR ini

Simulasi KPR- Tentunya sebagian besar dari Anda sudah tahu bahwa saat ini mendapatkan rumah tinggal tidak semudah membalik telapak tangan saja. Bahkan. Generasi milenial dan gen Z perlu berusaha lebih banyak agar mendapatkan rumah tinggal, dan salah satu caranya adalah KPR. Namun, sebelum Anda mengambil keputusan untuk memilih KPR di bank mana, sebaiknya pahami dulu  simulasi KPR sehingga memiliki bayangan yang lebih dalam.

Mengapa Perlu Simulasi?

Pertanyaan yang selalu muncul adalah mengapa seseorang memerlukan simulasi untuk menghitung KPR? Hal ini tentunya karena keputusan untuk mengambil KPR perlu dipertimbangkan dari beberapa hal, mulai dari penghasilan, luas tanah hingga perhitungan estimasi jangka pembayaran. Semua itu perlu dihitung secara matang sebelum Anda mengambil keputusan.

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan ialah, bagaimana Anda akan me-manage pendapatan ketika sudah memiliki tanggungan berupa KPR. Hal tersebut merupakan salah satu hal krusial yang perlu dipertimbangkan setiap orang. Maka dari itulah Anda memerlukan simulasi untuk mengetahui bank mana yang termurah, dan berapa kisaran yang perlu Anda bayar perbulan nantinya.

Simulasi KPR BNI

KPR BNI pada umumnya akan mencakup seluruh nilai aset, namun pada beberapa program tertentu mereka juga hanya menawarkan 70% dari nilai aset saja. Jika kita berhitung nilai suku bunga yang ditawarkan BNI, sebenarnya masih cukup bersahabat yakni 7,75%  per tahun sebagai suku bunga efektifnya. Akan tetapi kita pun masih mendapatkan keringanan pada 2 tahun pertama.

Bank ini juga menawarkan beberapa bentuk program yang membantu Anda dalam memilih KPR. Program tersebut adalah BNI Griya yang mana memberikan tenor pinjaman dalam waktu yang cukup panjang yakni 25 tahun. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bunganya akan bertambah setelah tahun ketiga.

Cek simulasi KPR BNI di Link berikut KPR BNI

Perubahan tersebut tentu akan sangat berefek pada kredit yang Anda miliki. Apabila Anda sudah melakukan perhitungan sebelumnya dengan bunga 6.75%, maka bisa jadi hitungan tersebut tidak akan tepat sasaran. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana platform KPR yang ditawarkan oleh bank BNI.

Simulasi KPR BCA

Soal Bank BCA, pasti Anda sudah pernah mendengar bahwa mereka merupakan salah satu bank terbesar di Asia, yang mana secara langsung mereka juga terlibat dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat salah satunya adalah KPR. KPR yang ditawarkan oleh bank BCA memiliki suku bunga 8%. Memang, hal itu terasa cukup tinggi bagi orang yang tidak mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Sebenarnya, suku bunga ini akan ditentukan oleh nilai maksimal dari aset tersebut. Suku bunga tersebut juga akan berubah setelah Anda melakukan kredit selama 3 tahun. Suku bunga efektif yang ditawarkan oleh bank BCA pada tahun keempat adalah 9% bisa dikatakan suku bunga yang ditawarkan oleh bank BCA cukup tinggi.

KPR ini juga hanya akan mengcover 70% dari harga total aset. Hal itu tentunya sangat mempengaruhi Anda dalam mempertimbangkan KPR ini. Dengan uang muka minimal 15% kita dapat menikmati KPR yang ditawarkan oleh BCA. Dengan tenor maksimal 25 tahun tentunya KPR ini sudah cukup untuk masuk dalam pertimbangan.

Cek simulasi KPR BCA di Link berikut KPR BCA

KPR BTN

simulasi KPR BTN

Bank BTN juga menawarkan KPR yang mungkin bisa membuat Anda tertarik. Salah satu alasannya adalah bank ini memberikan suku bunga fixed-nya hingga 5 tahun. Memang angka dari suku bunganya terbilang cukup tinggi, namun pemberian suku bunga fixed merupakan suatu kelebihan yang dimiliki oleh BTN.

Meskipun kelihatannya Anda hanya akan membayar suku bunga per tahun 8,88%, Anda perlu memahami bahwasanya mereka juga memiliki suku bunga floating yang cukup tinggi yakni 11%. Hal itu tentunya akan sangat berubah cara Anda dalam melakukan kredit karena lompatan suku bunganya cukup tinggi.

Artikel Terkait : KPR Mandiri VS KPR BTN di Denpasar Bali

Meskipun pemberian suku bunga awal terbilang cukup lama karena diberlakukan selama 5 tahun, suku bunga floating yang ditawarkan juga tidak bisa kita bilang bersaing. Hal itu tentu harus menjadi pertimbangan Anda terlebih dahulu. Anda juga perlu berhitung soal rencana finansial 5 tahun kedepan, apabila program ini dirasa cocok maka bank ini adalah bank yang tepat untuk Anda.

Cek simulasi KPR BTN di Link berikut KPR BTN

KPR Mandiri

kpr milenial mandiri

Bank Mandiri juga merupakan salah satu bank yang memiliki dominasi kuat di Indonesia. Mereka juga menawarkan KPR bagi masyarakat terutama generasi milenial, yang mana bisa memberikan uang muka 0% alias gratis. Hal ini juga menjadi salah satu nilai plus yang dimiliki oleh KPR Bank Mandiri.

Suku bunga yang ditawarkan memang terbilang hampir mirip dengan bank-bank lain yakni 9%. Sedangkan suku bunga floating-nya adalah 12%. Tentu saja suku bunga floating terbilang sangat tinggi dibandingkan bank lain, namun bisa dimaklumi mengingat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk DP.

KPR jenis ini merupakan kesempatan yang nyata bagi seorang milenial, karena dewasa ini untuk mencari uang muka KPR saja sudah terbilang cukup berat. Apabila jenis KPR mandiri cocok untuk Anda, maka Anda perlu perhitungkan nilai aset yang Anda beli serta cicilan pertahun yang mungkin angkanya cukup besar.

Lihat simulasi KPR Mandiri di Link berikut KPR Mandiri

Simulasi KPR BRI

simulasi kpr bri

KPR yang ditawarkan oleh bank BRI memiliki beberapa keunggulan, yaitu KPR ini juga akan mengcover biaya renovasi ataupun upgrade pada rumah Anda. Hal ini tentu itu cukup membantu karena tidak semua rumah yang Anda beli merupakan rumah dari perumahan yang baru. Memang terkadang, Anda perlu melakukan renovasi agar rumah tersebut layak ditinggali.

KPR yang ditawarkan oleh BRI memiliki suku bunga 9,75% untuk 3 tahun pertama. Sedangkan suku bunga floating-nya adalah sebesar 11%. Memang tidak bisa dibilang rendah, namun tidak bisa dibilang terlalu tinggi juga. Selain itu, masa tenor yang ditawarkan mulai dari 5 hingga 20 tahun.

Selain itu, perencanaan finansial serta aset yang dibeli juga merupakan hal krusial pada pemilihan KPR dari BRI, sehingga Anda tidak boleh menyepelekannya.

Cek simulasi KPR BRI di Link berikut KPR BRI

Memilih Dengan Perhitungan

Sebagian dari Anda mungkin kini sudah memiliki pilihan KPR tersendiri, namun jenis KPR manapun yang Anda pilih, Anda tetap perlu memiliki perhitungan finansial yang matang serta pemilihan aset yang tepat. Hal tersebut dikarenakan KPR akan memberikan tanggungan yang cukup besar hingga bertahun-tahun lamanya, sehingga Anda harus mempertimbangkan dari beberapa sisi.

Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah bunga pertahun, harga aset, biaya tak terduga, hingga biaya maintenance. Semua itu hanya dapat diperhitungkan dengan kepala dingin serta pemilihan yang tidak terburu-buru. Selamat mencoba dan semoga bisa membuat keputusan terbaik untuk kehidupan Anda di masa yang akan datang.

  • Leave Comments