Simak Kelebihan dan Kekurangan Rumah Murah dari BTN

Rumah murah subsidi oke ga sih ? Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Sepertinya hampir semua orang ingin mengindamkan hunian yang bagus. Salah satu cara yang mana banyak dipilih sebagai orang untuk memiliki rumah adalah dengan membelinya lewat Bank. Selain KPR perumahan, beberapa bank juga menawarkan lelang.

Salah satu bank tersebut ada BTN. Bagi Anda yang hendak membeli tentunya akan melihat kelebihan dan kekurangan sebelum akhirnya memutuskan membelinya. Di bawah ini ada penjelasan mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari rumah murah BTN. Dengan begitu Anda pun bisa memilih rumah terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

Harga Rumah Murah yang Ditawarkan Relatif Terjangkau

Salah satu kelebihan atau keunggulan pertama yang bisa Anda dapatkan ketika membeli rumah BTN yakni penawaran harga yang relatif terjangkau. Bahkan harga tersebut bisa dikatakan lebih murah jika Anda bandingkan dengan harga rumah yang saat ini ada di pasaran. Mengapa?

Pasalnya pihak BTN menjual rumah tersebut secara apa adanya atau tidak didukung dengan perbaikan sama sekali. Sebagai gambaran begini misalkan kondisi dari dinding rumah murah BTN bolong ataupun retak serta ada beberapa kerusakan pada bagian lainnya maka dijual tanpa adanya perbaikan sama sekali, atau dijual secara apa adanya.

Dapat Membeli Rumah yang Murah Secara Online

Bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki cukup banyak waktu untuk pergi keluar rumah maka ada alternatif dari BTN. Alternatif ini tentunya menjadi keuntungan bagi Anda karena bisa membeli rumah secara online. Dengan begitu sebagai calon pembeli Anda hanya perlu mengakses situs Bank BTN melalui internet saja.

Bukan hanya itu saja, BTN saat ini juga menyediakan berbagai macam fitur salah satunya adalah fitur pencarian lokasi rumah. Dengan fitur yang satu ini Anda pun dapat memilih lokasi berdasarkan provinsi kota maupun Kecamatan terdekat. Agar semakin memberikan kemudahan situs BTN juga menyertakan foto dari kondisi rumah yang sedang dijual.

Bisa Melunasi Rumah Murah Dengan Cara KPR

Bagi Anda yang saat ini ingin membeli rumah lelang di BTN maka ada hal yang perlu disiapkan yaitu mempersiapkan uang jaminan lelang. Uang jaminan lelang tersebut sebesar 20% daripada harga rumah. Peraturan tersebut sudah ditetapkan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara atau DJKN.

Apabila pada saat lelang Anda kalah maka uang jaminan 20% sebelumnya akan dikembalikan. Sebaliknya apabila memenangkan lelang maka selanjutnya Anda diharuskan membayar atau melunasi 80% sisa harga rumah. Cara pelunasan 80% rumah murah BTN yang selanjutnya dirasa cukup fleksibel karena bisa dilakukan dengan program KPR lelang yang mana telah diluncurkan pihak BTN.

rumah murah kpr

Tidak Terdapat Masalah Hukum

Mungkin sebelumnya Anda akan berpikir Apakah membeli hasil sitaan akan memberikan resiko yang cukup besar ke depannya? Mungkin saja iya namun untuk rumah BPN sendiri tidak akan terjadi sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir lagi.

Sebab pihak BTN telah menjamin legalitas dari rumah yang hendak anda beli. Rumah tersebut tentunya aman secara hukum ya, sehingga tidak akan memberikan masalah kedepannya.  Secara keseluruhan masalah hukum telah diselesaikan sebelum rumah dirilis pada situs jual beli BTN.

Diperlukan Renovasi Pada Rumah Subsidi

Hal ini bisa dikatakan sebagai kekurangan ketika Anda membeli rumah murah. Seperti penjelasan awal tadi, rumah yang dijual bank BTN apa adanya atau tidak mengalami proses perbaikan sama sekali. Jika dinding bolong atau rusak maka akan dijual dengan keadaan tersebut.

Dengan kata lain, ada kemungkin besar juga bagi Anda sebagai pembeli untuk mendapatkan rumah dengan kondisi bangunan yang kurang bagus atau sebaliknya. Jika Anda nantinya memang akan memperoleh rumah dengan kondisi yang kurang bagus, maka Anda perlu tentu harus menyiapkan sejumlah uang. Jadi bisa saja anda akan mengeluarkan uang lagi baik itu untuk taman rumah, cat rumah kanopi dll

Uang tersebut akan digunakan untuk melakukan perbaikan atau renovasi rumah subsidi di beberapa bagian yang perlu diperbaiki dari rumah murah tersebut. Oleh sebab itu, Anda sebagai pembeli harus selalu memastikan jika akan memiliki rumah dengan bentuk serta kondisi baik.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan survei secara langsung ke rumah agar bisa melihat kondisinya. Jika memang baik maka bisa dibeli namun jika tidak bisa memilih lainnya. Dengan begitu maka Anda tidak perlu biaya tambahan lagi untuk perbaikan. Walau memang harga rumah BTN relatif murah.

Kondisi Lingkungan yang Kurang Baik

Kekurangan berikutnya yang mungkin akan Anda rasakan adalah adalah kondisi lingkungan yang mana mungkin saja akan buruk. Misalnya lingkungan tersebut rawan banjir, rawan akan maling atau tidak adanya petugas keamanan pada perumahan tersebut. Nah kembali tugas Anda untuk pintar-pintar dalam memilih rumahnya.

Sama halnya dengan lainnya rumah murah BTN juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari segi harga memang lebih murah daripada lainnya, selain itu legalitas juga terjamin. Namun rumah dari BTN akan dijual apa adanya tanpa perbaikan, Semoga bermanfaat ya.