6 Tips Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Aturan, Pahami Baik-Baik Ya!

Rumah merupakan kebutuhan utama sekaligus aset yang menjanjikan, baik bagi keluarga maupun masa depan. Sebagian besar orang selalu merencanakan tampilan terbaik untuk huniannya.

Selain untuk alasan kenyamanan, rumah adalah properti yang tidak pernah mengalami penurunan harga secara signifikan dari tahun ke tahun. Tidak heran apabila banyak dari mereka yang berkeinginan untuk merenovasi rumahnya. Namun bagaimana dengan rumah subsidi?

Rumah subsidi bisa diperbaiki asalkan Anda memahami aturan yang berlaku. Setelah pengajuan dana Anda diterima oleh bank, Anda mungkin merasa lega. Tapi apakah pengetahuan Anda soal pembangunan rumah bersubsidi sudah sesuai? Di sisi lain, kredit yang Anda lnasi baru beberapa bulan. Nah, berikut informasi mengenai tips renovasi rumah subsidi selanjutnya.

Gunakan Lahan Sisa

Setiap rumah murah subsidi umumnya dilengkapi dengan lahan kosong di sekitar rumah. Agar maksimal, Anda bisa mengubah lahan tanpa bangunan tersebut menjadi untuk menunjang kebutuhan Anda. Sebut saja jemuran, taman, atau menjadi teras belakang yang bisa memperindah tempat tinggal Anda.

Membiarkan tanah tanpa dikelola dengan baik sangat disayangkan. Terlebih jika Anda melihat prospek yang menjanjikan dari lahan tersebut. Selain mampu mempercantik rumah menjadi good looking, renovasi rumah subsidi dengan memaksimalkan lahan sisa adalah cara mudah untuk membenahi tata letak rumah Anda.

kanopi simple taman

Perubahan Dasar Saaat Renovasi Rumah Subsidi

Apabila fasad yang tercantum dalam rumah Anda belum ada 5 tahun, maka Anda tidak bisa mengotak-atiknya. Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun apabila sudah mencapai batas lebih dari 5 tahun, Anda bisa melakukan renovasi rumah subsidi sesuai dengan harapan.

Pastikan anda mengetahui betul kapan fasad mulai diberlakukan dan akan mencapai masa jatuh temponya. Periksa ulang ketentuan dan surat yang Anda peroleh saat mengantongi ijin menempati rumah subsidi. Berbeda dengan fasad, pembangunan tempat tinggal bersubsidi pagar atau pembatas rumah tetap diperbolehkan meskipun usianya belum mencapai 5 tahun.

Menambah Properti

Sebagai pemilik, anda mempunyai sejumlah hak. Diantaranya ialah melengkapi kekurangan yang ada di rumah. Pengembang mungkin belum menyediakan fasilitas yang sesuai untuk anda. Nah, disinilah anda dapat berkreasi menambah beberapa ruang sesuai kebutuhan. Renovasi rumah subsidi pada bagian atap misalnya. Atap yang bocor atau konstruksi yang kurang sempurna dapat anda betulkan.

Jika anda berniat melakukan hal ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pihak pengembang lebih dulu. Masukan dari mereka mungkin saja dapat berguna bagi Anda.

Apalagi jika bagian yang Anda rubah adalah ruangan yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan keluarga. Cara lain untuk renovasi rumah subsidi yang tepat ialah dengan meminta saran dari kerabat atau teman terdekat. Mereka yang sudah lama menempati rumah subsidi umumnya pernah menemukan masalah serupa.

Ingat juga sebelum anda menambah properti anda perlu memperhitungkan biaya rumah  yang akan anda keluarkan dengan baik.

Renovasi Rumah Subsidi dengan Membangun Pagar

Pagar bukan saja berfungsi sebagai penanda batas rumah. Di sisi lain, kehadiran pagar dapat melindungi aset yang berada di dalam rumah. Bahkan, gerbang yang dibangun melingkari rumah dapat menambah nilai plus.

Pertanyaannya, apakah diperbolehkan untuk membuat pagar apabila hunian kita bersubsidi? Renovasi rumah subsidi ini tentu saja boleh, selama pembangunan tidak merugikan pemilik lain maupun pihak pengembang. Konsep rumah subsidi biasanya menyerupai townhouse. Deretan rumah pada suatu kompleks kecil ini diisi oleh hunian, dengan kapasitas dan besar yang setara.

Lantai Bertingkat

Bentuk rumah subsidi memang tidak terlalu besar. Tetapi jika Anda ingin menambah space, Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat membuat rumah Anda menjadi dua atau bahkan tiga lantai. Namun Anda pun harus paham, renovasi rumah subsidi ini belum bisa Anda realisasikan sebelum mencapai 5 tahun.

Jika belum mencapai aturan tersebut, sementara waktu Anda dapat mengatur desain interior dan eksteriornya. Jauhkan barang-barang yang tidak memiliki fungsi signifikan di dalam rumah. Keberadaan perabot dengan ukuran besar kadang membuat look dari rumah menjadi penuh. Untuk mengaplikasikan renovasi rumah subsidi yang satu ini, Anda bisa melihat tutorialnya dari Youtube atau website.

Melapor ke Pihak Bank

Sebagai pengguna, Anda harus membangun komunikasi yang baik dengan bank. Sebagai pemberi modal, bank wajib mengetahui segala perbaikan yang Anda lakukan.

Tips renovasi rumah subsidi ini sangat penting guna menghindari kesalahan. Termasuk apabila dalam pelaksanaannya, Anda menemukan beragam kendala. Mengapa demikian? Pihak bank hanya akan mengganti biaya kerusakan sesuai dengan persetujuan saat kredit Anda usulkan.

Sebaliknya, jika Anda mempunyai keterbukaan. Maka bank akan mengusahakan untuk membayar full bentuk kerusakan. Asuransi inilah yang diharapkan dapat mengcover biaya Anda. Pastikan juga bahwa Anda tidak mengalami kemacetan setelah permohonan renovasi diajukan. Perlakuan Anda akan meninggalkan kesan pada mereka.

Itulah 6 tips renovasi rumah subsidi. Dengan segala kelebihan rumah subsidi seperti KPR tanpa DP, bunga yang ringan, dan harga yang terjangkau. Terdapat juga peraturan yang wajib kita ikuti dan setiap bank menetapkan peraturan sesuai akad yang mereka pilih. Tugas Anda ialah memahami sebelum perubahan sebelum pemugaran hunian kesayangan dilakukan. Selamat mencoba!