Mana Yang Lebih Baik ? KUR Mandiri VS KUR BRI

KUR Mandiri VS KUR BRI – Mendapatkan modal untuk usaha kini begitu mudah. Pemerintah memberikan beberapa program untuk membantu usaha anda dengan menyediakan program KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang disalurkan melalui bank-bank BUMN. KUR sendiri merupakan program kredit dengan suku bunga sangat ringan mulai dari 5% pertahun untuk modal kerja ataupun kredit investasi.

Kredit ini di buat khusus bagi anda yang bergerak di bidang UMKM. Jadi anda bisa memanfaatkan program KUR dari BRI ataupun dari Mandiri ini untuk memperluas bisnis anda. Bagi anda yang masih bingung mana prgram KUR yang lebih baik selengkapnya simak ulasan berikut ini ya.

Pinjaman Untuk Modal Usaha KUR BRI

Dari banyak Bank yang ada di Indonesia, program KUR milik BRI menjadi salah satu produk KUR yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Pinjaman untuk modal usaha ini bisa anda pertimbangkan, karena memiliki bunga subsidi yang berasal dari pemerintah sebesar 7% pertahun. Untuk anda yang baru saja merintis usaha, pinjaman dari BRI ini menjadi pinjaman yang sangat cocok untuk anda.

Memiliki platform pinjaman sebanyak Rp. 25 juta untuk setiap debitur tentunya akan membantu permodalan bisnis anda. Anda tak perlu khawatir tidak mendapatkan kuota pinjaman, mengingat BRI mempunyai jatah lebih dari 20% total kuota dana KUR dari pemerintah.

Untuk suku bunganya, BRI menawarkan suku bunga rendah yakni mulai dari 7% saja dan sudah diberlakukan sejak 1 Januari 2020. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan pinjaman yang memiliki cicilan lebih ringan. BRI juga membagi KUR dalam tiga jenis yaitu KUR Mikro, KUR TKI dan juga KUR Ritel.

Yang membedakan masing masing jenis KUR tersebut adalah jumlah dana yang akan diberikan. Hal ini tentunya perlu anda tahu sebelum mengenal KUR Mandiri atau lainnya. Untuk Mikro anda hanya akan diberikan pinjaman maksimal Rp. 25 juta, sementara KUR Ritel bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp. 500 juta.

Selanjutnya KUR TKI yang diberikan untuk calon TKI yang akan berangkat kerja ke luar negeri. Platform ini akan memberikan pinjaman maksimal Rp. 25 juta. Selain mengetahui pinjamannya, anda juga harus tahu jika BRI menawarkan pengajuan dan persyaratan yang begitu mudah. Tidak akan ada syarat maupun ketentuan yang memberatkan UMKM dalam prosesnya.

Salah satu syarat yang mungkin agak memberatkan hanyalah bisnis minimal berjalan selama 6 bulan dan diperlukan jaminan dalam bentuk bpkp mobil dan sertifikat rumah untuk pinjaman diatas 50 juta.

kur mandiri
Kredit Usaha Rakyat dari Mandiri

Tidak hanya BRI, Bank Mandiri juga memiliki program Kredit Usaha Rakyat yang sangat menarik untuk dilirik.

Bertujuan untuk meningkatkan pelayanan perbankan pada sektor UMKM. Bank Mandiri ikut serta mendorong perekonomian UMKM dengan harapan UMKM akan mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak di masyarakat.

Ada 4 pilihan KUR dari Bank Mandiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Mandiri memberikan pilihan untuk KUR Mikro, KUR Ritel, KUR Penempatan TKI dan juga KUR Khusus. Dengan pilihan yang lebih banyak, tentunya akan lebih memudahkan anda untuk bisa memilih mana yang terbaik.

Bagi anda yang membutuhkan kredit berjumlah maksimal Rp. 25 juta dengan jangka waktu maksimal 2 tahun bisa memilih KUR Mikro.

Mungkin Anda Tertarik : KUR Mandiri VS KUR BPD Bali

Sementara untuk jangka waktu yang lebih lama yakni 3 tahun untuk modal dan 5 tahun untuk investasi anda bisa memilih KUR Ritel. Dimana jumlah pinjaman minimal Rp. 25 juta hingga maksimal Rp. 200 juta. KUR Mandiri juga bisa dimanfaatkan untuk TKI yang akan berangkat bekerja di negara asing dengan maksimal pinjaman yang diberikan adalah Rp. 25 juta.

Kelompok tertentu yang memiliki usaha di bidang pertanian hingga perikanan maupun lainnya bisa mengajukan KUR khusus. Limit pinjaman ini terbilang besar yakni Rp. 500 juta. Jangka waktu yang diberlakukan untuk KUR ini juga lebih panjang yakni 4 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk pembiayaan investasi.

Tentu saja anda tidak hanya harus mengetahui produk yang ditawarkan, tetapi juga bunga yang diberlakukan. Suku bunga yang diberlakukan oleh KUR Mandiri terbilang sangat ringan mulai dari 5-6% efektif untuk setiap tahunnya. Mandiri juga menawarkan proses pencairan dana yang cepat dan juga mudah. Bahkan anda bisa menjadikan objek yang dibiayai sebagai agunannya nanti. Dan akan dibebaskan agunan untuk KUR Mikro dan KUR TKI.

Bagi anda yang ingin mengajukan KUR dari Mandiri hanya membutuhkan dokumen yang sangat sederhana. Dokumen yang perlu disiapkan hanya meliputi :
1. Fotocopy KTP
2. KK
3. Surat nikah atau cerai
4. Surat keterangan usaha
5. Jaminan berupa (BPKB Mobil atau Sertifikat Rumah)
6. Surat keterangan usaha.

Benefit KUR Bank Mandiri dan BRI

Sudah berpengalaman di dunia perbankan. Mandiri menjadi salah satu penyedia KUR terbaik di Indonesia. Berbagai benefit turut disematkan untuk membuat para calon debiturnya dimudahkan dalam mengajukan pinjaman. Bunganya yang terbilang ringan dan pencairan dananya yang sangat cepat menjadi fitur unggulan dari KUR Mandiri.

Adanya program KUR ini tentunya menjadi salah satu oase di tengah padang pasir bagi para pelaku bisnis maupun calon TKI. Baik BRI atau Mandiri sama sama memiliki keunggulan yang bisa anda pertimbangkan lebih dahulu. Pastikan sebelum mengajukan anda sudah sangat paham akan ketentuan dan syarat yang diberlakukan ya.

  • Leave Comments