Jangan Asal Ambil ! KPR Tanpa DP Bisa Bikin Kamu Rugi Besar Lho

Kredit pinjaman rumah selama ini disikapi sebagai solusi alternatif untuk mempunyai hunian idaman. Dengan sistem cicil yang dapat dibayarkan dalam jangka waktu tertentu, memiliki tempat tinggal bukan lagi sebuah angan.

Terlebih jika menilik banyak sekali tipe dan model yang ditawarkan. Beberapa bank swasta dalam negeri pun bersedia untuk diajak kerjasama. Mengingat rumah adalah properti berharga sekaligus aset berharga di masa depan.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari hunian namun belum memiliki budget cukup, KPR adalah jawabannya. Dengan bunga mulai dari 10%, Anda sudah bisa memiliki tempat tinggal.

Namun seperti proses pengajuan dana pada umumnya, Anda akan melalui beberapa tahapan survei oleh pihak bank. KPR ini berlaku apabila Anda mengambil kredit di bank dengan sistem syariah. Sementara pada bank konvensional, Anda diharuskan menyiapkan DP 25-30%.

Bagi orang-orang dengan penghasilan pas-pasan, DP dengan kisaran tersebut tentu cenderung memberatkan bukan?. Belum lagi dengan biaya profit yang ditetapkan oleh pihak bank. Selama beberapa tahun terakhir ini, wacana KPR tanpa DP tak ubahnya angin segar bagi banyak orang.

Pinjaman tanpa DP sebenarnya disambut baik oleh masyarakat. Apalagi jika meninjau sebagian besar warga yang mengakses pinjaman ke bank ialah berasal dari kelas menengah ke bawah. Meskipun terlihat menyenangkan, KPR bebas uang muka bisa saja membuat perekonomian mangkrak.

Lalu, bagaimana sebenarnya pihak bank menyikapi KPR tanpa DP?. Uang muka 0% sangat berisiko. Bahkan bersimpangan dengan kebijakan BI yang mengharuskan seorang nasabah wajib menyediakan 25-30% uang muka. Seiring dengan berjalannya waktu, pihak Bank Indonesia memberikan kelonggaran bagi bank konvensional untuk menyusun secara mandiri kebijakan mereka.

Bank dapat merencanakan ketentuan, pertimbangan, dan strategi untuk mengatur jalannya transaksi. Diantaranya mengelola risiko atas kredit yang diberikan kepada pelanggan. Tak ayal, jika banyak bank mematok angka berbeda untuk DP Kredit rumah.

Apabila bank mengaplikasikan KPR tanpa DP, maka mereka harus selektif memilih pelanggan. Adanya aturan yang tidak memberatkan pihak manapun. Kilas balik pengalaman nasabah juga harus menjadi patokan agar terhindar dari kredit macet.

Sebab perputaran uang di bank tidak bisa dihentikan. Meskipun rumah yang disewa akan menjadi milik bank. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa bank juga dirugikan dengan adanya nasabah yang berhenti di pinggir jalan.

KPR TANPA DP

Jika KPR tanpa DP berpotensi membawa kerugian bagi bank. Apakah calon nasabah akan diuntungkan? Atau justru sebaliknya? Tahukah anda bahwa DP 0% sebenarnya hanya memudahkan akses Anda untuk mempunyai rumah. Di masa yang akan datang, KPR dengan biaya 0% malah mengancam sistem keuangan anda.

Kelemahannya, calon nasabah harus bersedia menerima angsuran dengan nominal tinggi. Harga rumah secara keseluruhan adalah tanggungan dan bunga. Semakin besar nilai hutang, maka kewajiban nasabah untuk membayar bunga juga setara. Jadi, dapat disimpulkan bahwa cicilan yang harus ditanggung juga tidak kecil.

Adapun jika cicilannya besar, maka nasabah mempunyai dua pilihan. Tempo lebih pendek dengan biaya yang bertambah banyak atau tempo lebih panjang dan lama. Keduanya dapat menjadi beban terlebih jika penghasilan keluarga tidak stabil. Meskipun begitu, KPR tanpa DP ini membuka kesempatan bagi masyarakat menengah. Harganya yang cukup terjangkau dapat menarik minat mereka untuk membeli properti.

Berbeda jika KPR yang Anda ambil dikenakan denda. Angsuran yang Anda melunasi setiap bulannya tidak sebesar KPR tanpa DP. Selain KPR per bulannya menjadi lebih rendah, Anda tidak akan dipusingkan dengan jangka waktu pinjaman yang lama.

Di beberapa bank, persetujuan biaya dan lama cicilan bahkan bisa disesuaikan dengan pendapatan anda. Langkah ini solutif sekali untuk menghindari kemacetan pada kredit. Pada bank yang mengimplementasikan akad syariah, nasabah leluasa untuk menentukan prinsip KPR yang mereka inginkan.

Pengajuan KPR memang sangat membantu. Feedback yang Anda peroleh pun dapat berguna bagi masa depan. Cara ini akan menghasilkan omset bahkan aset yang berharga, apabila Anda terapkan sesuai dengan aturan yang tepat. Rencanakan dengan matang rumah seperti apa yang Anda impikan baik itu bangunan utamanya maupun bangunan pelengkap rumah seperti kanopi rumah, tangga, taman dll . Setelah menentukan budget, Anda bisa menentukan dengan bank mana. Pahami ketentuannya dan besaran profit yang diminta pihak bank.

Rumah dengan DP 0% mungkin melancarkan rencana Anda untuk menempati hunian idaman. Namun pertimbangkan dengan teliti, jangan sampai menjadi bumerang bagi finansial Anda. Ajukanlah pinjaman yang sejalan dengan kondisi income keluarga, sehingga anda tidak akan kesulitan.

Sebelum mengambil KPR tanpa DP, ada baiknya jika Anda bertukar pikiran dengan kerabat atau teman terdekat. Pengalaman mereka dalam menentukan kredit pinjaman rumah bisa Anda jadikan pedoman. Berkonsultasilah masalah harga dan keuntungan bagi Anda.

perhatikan baik baik tips kpr rumah yang kami berikan sehingga anda dapat memilih kpr rumah terbaik.

Banyak referensi yang bisa Anda cari sebagai panduan. Anda dapat membuka website resmi bank konvensional maupun bank syariah di Indonesia. Pahami betul fasilitas dan keunggulan yang mereka tawarkan. Selamat mencoba!.