Kode Bank Mandiri Syariah & Mandiri : Kode & Cara Transfer Via ATM

Apakah anda sedang mencari Kode Bank Mandiri syariah ?

Transaksi finansial melalui ATM dulunya menjadi sarana yang seringkali digunakan pada masyarakat umum. Salah satu keunggulan transaksi tersebut yaitu melakukan pengiriman uang dalam jarak jauh dengan waktu yang singkat.

Transaksi tersebut kemudian berkembang tidak hanya melakukan pengiriman uang melalui ATM tapi juga transaksi online seperti mobile banking dan internet banking. Untuk memudahkan transaksi finansial tersebut kemudian dibuat suatu sistem kode bank di indonesia.

Sistem kode bank di indonesia digunakan untuk mempermudah pengiriman uang antar nasabah yang menggunakan bank berbeda. Oleh karena itu, semua bank di indonesia memiliki kode khusus untuk tiap bank masing masing sehingga transaksi melalui atm maupun transaksi mobile dan internet banking mudah dilakukan.

Bank yang memiliki kode khusus di indonesia tersebut salah satunya yaitu bank mandiri dan bank mandiri syariah.

Bank mandiri sendiri adalah salah satu bank BUMN terbesar di indonesia yang merupakan hasil penggabungan empat bank pada tahun 1999. Empat bank tersebut yaitu bank exim, bank bumi daya, bank dagang negara, dan bapindo.

Penggabungan tersebut dilakukan setelah terjadi krisis moneter pada tahun 1999 sehingga kebijakan tersebut muncul untuk mengatasi krisis tersebut.

Sedangkan bank mandiri syariah terbentuk setelah adanya penggabungan bank tersebut yang berasal dari BSB atau PT. Bank Susila Banti yang dimiliki PT Bank Mandiri setelah terjadi penggabungan sebelumnya.

Saat ini bank syariah memiliki banyak sekali kantor cabang yang tersebar di 24 provisi di indonesia dengan total kantor berjumlah 328 kantor cabang. Bank mandiri syariah tersebut juga didukung oleh 118 jaringan ATM mandiri dengan total 3746 unit mesin ATM yang tersebar di berbagai provinsi tersebut.

Untuk memahami lebih dalam mengenai fungsi dan kegunaan kode bank berikut kami rangkum penjelasan dan cara transfer menggunakan kode bank mandiri dan mandiri syariah.

Apa Itu Kode Bank ?

Kode bank adalah kode referensi yang digunakan saat melakukan pengiriman uang antar bank yang berbeda. Kode bank tersebut akan dimasukkan ke dalam bagian dari nomor tujuan rekening yang ingin dituju yang ditambahkan di bagian depan nomor tersebut.

kode bank mandiri syariah

Kode Bank Mandiri Syariah & Mandiri 

Dengan tersebarluasnya nasabah bank mandiri dan bank mandiri syariah di seluruh indonesia. Hal tersebut menjadi salahs satu patokan kepercayaan masyarakat indonesia untuk memakai bank mandiri sebagai salah satu sarana transaksi yang aman untuk masyarakat.

Salah satu fitur untuk memudahkan transaksi yang dilakukan oleh nasabah tersebut tentunya yaitu dengan kode bank referensi khusus masing masing bank.

Kode referensi untuk bank mandiri sendiri yaitu bernomor  008. Nomor tersebut perlu anda tambahkan di urutan awal nomor tujuan diikuti nomor rekening yang ingin anda lakukan pengiriman uang.

Berbeda dengan mandiri konvensional. Bank mandiri syariah juga memiliki nomor referensinya sendiri. Untuk bank mandiri syariah memiliki kode referensi yaitu 451.

Kode diatas nantinya dapat anda gunakan saat transfer sms banking mandiri maupun transfer menggunakan ATM.

Cara Transfer Ke Mandiri Syariah Atau Mandiri

Jika anda ingin melakukan pengiriman atau transaksi uang ke rekening mandiri syariah atau rekening mandiri. Berikut kami rangkum langkah langkah bagaimana cara mengirimkan uang tersebut.

  1. Langkah pertama yaitu datangi lokasi mesin ATM bank rekening anda. Jangan lupa untuk membawa kartu atm anda.
  2. Langkah selanjutnya yaitu masukkan kartu atm anda di mesin ATM tersebut. Kemudian pilih bahasa yang ingin anda gunakan. Terdapat dua pilihan bahasa yang bisa digunakan bahasa indonesia dan bahasa inggris. Untuk memudahkan penggunaan anda bisa pilih bahasa indonesia, kemudian pilih menu lanjutkan.
  3. Setelah memilih bahasa anda kemudian perlu memasukan kode PIN ATM anda di ATM Mandiri tersebut.
  4. Kemudian langkah selanjutnya di bagian menu utama pilih menu Transaksi Lainnya > kemudian pilih menu Transfer > kemudian akan ada pilihan Antar Bank Online
  5. Langkah selanjutnya yaitu masukkan kode bank yang ingin kalian tuju. Kode bank tersebut perlu anda input jika transfer yang anda lakukan antar bank dan berbeda dengan bank rekening anda. Namun jika anda melakukan transaksi tersebut di bank yang sama anda tidak perlu menggunakan kode bank tersebut.
  6. Setelah memasukan kode bank contohnya bank syariah yaitu 451 yang diikuti dengan nomor rekening tujuan anda. Kemudian pilih lanjutkan.
  7. Selanjutnya anda diminta untuk memasukkan nomor referensi mengenai transfer pengiriman anda. Tapi jika anda tidak memakai nomor referensi anda dapat mengosongkannya dan pilih menu lanjutkan.
  8. Langkah selanjutnya yaitu masukkan saldo jumlah nominal yang ingin anda kirimkan. Kemudian pilih lanjutkan.
  9. Jika semua data telah dimasukkan dengan benar maka akan muncul menu konfirmasi berisi informasi data nomor rekening tujuan anda dan nama terang pemilik rekening tersebut. Kemudian terdapat informasi nominal jumlah uang yang ingin anda kirimkan. Cek kembali informasi tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman.
  10. Setelah semua data sudah benar anda dapat pilih untuk melanjutkan transaksi tersebut. Tunggu hingga bukti struk transaksi keluar dari mesin atm yang menandakan bahwa pengiriman uang telah berhasil.
  11. Langkah terakhir jangan lupa untuk mengambil kembali kartu atm anda yang masih berada di mesin atm.

FAQ : Frequently Asked Question

Jika anda adalah nasabah baru yang masih bingung cara menggunakan Bank Mandiri ataupun bank mandiri syariah.

Ataupun ingin membuka rekening baru namun masih bimbang ingin memilih bank mana yang ingin dipilih karena memiliki pertanyaan yang belum terjawab terkait Bank Mandiri maupun Mandiri syariah.

Berikut telah kami rangkum pertanyaan yang sering diajukan baik oleh nasabah maupun pengguna baru dari bank mandiri Syariah.

Mengapa Transfer Ke Mandiri Syariah Gagal?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan transfer yang anda lakukan mengalami kegagalan. Faktor tersebut terbagi 2 yaitu internal maupun eksternal.

Faktor internal yang dimaksud yaitu terjadi error pada mesin ATM yang sedang anda gunakan. Untuk itu anda dapat mencoba melakukan pengiriman transfer uang menggunakan mesin ATM yang berbeda dan hubungi petugas bank Mandiri.

Faktor eksternal yaitu bisa dari salah memasukan nomor kode bank yang sedang anda isikan ke dalam mesin ATM. Kode bank tujuan anda tersebut berbeda beda sesuai dengan tujuan bank anda.

Jika anda lupa mengenai kode bank khusus anda dapat pilih menu daftar bank pada mesin ATM yang anda gunakan dari situ terdapat daftar berisi Kode khusus tiap bank yang ada indonesia.

Setelah anda melakukan pengecekan kembali mengenai pengisian informasi rekening tujuan dan kode bank anda dapat mencoba melakukan transaksi ulang untuk memastikan apakah transaksi dapat dilakukan.

Berapa Kode Bank Syariah Mandiri?

Untuk melakukan pengiriman uang ke rekening bank mandiri syariah anda perlu memasukkan kode bank khusus yaitu bernomor 451 pada mesin ATM.

Apakah Bisa Transfer Mandiri Syariah Tanpa Kode Bank?

Transaksi secara finansial yang dilakukan tanpa perlu memasukkan kode bank khusus dapat digunakan apabila pengiriman uang tersebut menggunakan tujuan rekening bank yang sama dengan pengirim uang.

Apakah Kode Mandiri Syariah sama Bank Mandiri Konvesional?

Untuk kode mandiri syariah memiliki kode bank khusus bernomor 451.

Untuk kode bank mandiri konvensional memiliki kode bank khusus bernomor 008.