Kode Bank BRI Syariah & BRI : Kode & Cara Transfer Via ATM 2021

Sedang mencari kode Bank BRI Syariah ? Sistem bank dengan basis syariah semakin banyak berkembang di Indonesia. Bank syariah sendiri adalah suatu sistem bank yang menggunakan syariat syariah dalam menjalankan bank tersebut yaitu berdasarkan hukum islam.

Hukum islam tersebut didasarkan pada fatwa yang dibuat oleh majelis ulama indonesia.

Selain bank mandiri yang memiliki cabang bank mandiri syariah sebagai bank yang menjalankan prinsip bank syariah tersebut. Ada juga bank bri dengan cabangnya yaitu bank bri syariah.

Selain menyediakan bank berbasis prinsip syariah yang sesuai dengan agama islam alquran dan hadist. Banyak fitur menarik yang disediakan oleh bank BRI Syariah.

Fitur tersebut seperti transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking dan mobile banking.

Banyak fitur yang disediakan oleh bank BRI Syariah akan semakin mendukung kemudahan transaksi yang dilakukan di jaman revolusi industri 4.0 ini.

Kemudahan transaksi melalui mobile banking dan internet banking dapat mendukung nasabah saat ingin melakukan transaksi online di e-commerce yang diminati.

Salah satu kemudahan untuk melakukan transaksi tersebut juga sistem dalam mengirimkan uang ke rekening bank lain. Sistem yang telah diterapkan di bank BRI syariah dan juga kerjasama dengan semua sistem bank di indonesia yaitu menggunakan Kode Bank.

Ingin tahu apa itu kode bank dan apa kode bank BRI dan BRI Syariah?

Berikut telah kami uraikan seluruh penjelasan tersebut untuk mempermudah anda para pembaca dalam memahami fungsi dan kegunaan kode bank tersebut.

Apa Itu Kode Bank ?

Kode bank adalah sistem yang digunakan di seluruh bank indonesia untuk referensi transaksi saat melakukan transfer uang di rekening bank berbeda.

Setiap bank di indonesia memiliki kode referensinya masing masing untuk memastikan transaksi uang pada rekening tujuan tersebut tidak terjadi kesalahan atau gagal dalam pengiriman.

Nantinya kode bank tersebut akan dicantumkan saat menulis rekening tujuan dengan menambah kode bank di awal nomor sebelum nomor rekening dikirim.

Penulisan kode bank tersebut wajib saat melakukan transfer antar rekening bank yang berbeda contohnya yaitu melakukan transfer uang dari bank BRI Syariah ke Mandiri.

Jika anda mengirimkan transfer ke sesama bank anda tidak perlu menulis kode bank tersebut sebagai contoh yaitu mengirimkan uang dari rekening bank BRI ke rekening bank BRI lainnya.

Penulisan kode bank dan nomor rekening tersebut akan terpakai di semua fitur pengiriman bank BRI dalam hal ini yaitu saat pengiriman uang melalui ATM. Mobile Banking, maupun Internet Banking.

Kode Bank BRI Syariah & BRI 

Tiap tiap bank yang terdaftar di sistem perbankan indonesia memiliki kode bank yang berbeda beda untuk memastikan pengiriman transaksi uang rekening benar. Kode bank tersebut terdiri dari 3 digit nomor.

Pada bank BRI sendiri memiliki kode bank yaitu 002. Sedangkan untuk kode bank BRI Syariah yaitu 422.

Cara Transfer Ke BRI Syariah Atau BRI

Pengiriman uang dengan tujuan rekening bank BRI Syariah ataupun BRI dapat dengan metode yang berbeda beda. Anda dapat menggunakan mobile banking, internet banking.

ataupun melalui mesin ATM bergantung pada jasa bank yang anda gunakan dan fitur yang disediakan bank tersebut.

Untuk memudahkan langkah yang perlu anda lakukan. Berikut akan kami rangkum tahapan melakukan transfer uang yang dikirimkan dengan tujuan bank BRI Syariah atau BRI melalui mesin ATM bank.

  1. Langkah awal untuk melakukan transaksi uang ke rekening BRI Syariah yaitu datangi lokasi mesin atm rekening bank terdekat anda.
  2. Langkah selanjutnya masukkan kartu atm anda ke mesin atm. Kemudian akan muncul menu pilih bahasa yang ingin anda gunakan. Anda dapat memilih pilihan gunakan bahasa indonesia untuk mempermudah akses atm. Kemudian masukkan kode pin pada mesin atm tersebut.
  3. Setelah login menggunakan kode pin berhasil di bagian menu utama pilih menu transaksi lainnya > lanjutkan dengan memilih menu transfer > kemudian pilih menu antar bank.
  4. Langkah selanjutnya yaitu masukkan kode bank rekening yang ingin anda tuju. Karena bank yang dituju adalah bank BRI syariah maka masukan kode bank BRI Syariah yaitu 422 ke dalam mesin ATM.
  5. Setelah itu masukkan nomor rekening tujuan anda mengirimkan uang tersebut. Cara menulisnya yaitu ditulis setelah memasukan kode bank BRI Syariah tadi. Setelah semua tertulis pilih menu lanjutkan.
  6. Selanjutnya akan ada pilihan untuk memasukkan nomor referensi pengiriman. Jika anda tidak memerlukan pengisian tersebut anda dapat mengosongkannya. Kemudian memilih pilihan lanjutkan.
  7. Setelah nomor referensi anda diminta untuk memasukan nominal jumlah uang yang ingin anda kirim. Anda diminta untuk memasukkan jumlah nominal yang ingin anda kirimkan ke rekening tujuan anda. Kemudian pilih menu lanjutkan.
  8. Kemudian akan muncul informasi berisi nomor rekening tujuan transfer anda sekaligus nama terang pemilik rekening bank tujuan anda tersebut dan juga nominal uang yang ingin anda kirimkan. Cek kembali informasi tersebut untuk memastikan bahwa nomor rekening yang anda input benar.
  9. Langkah selanjutnya konfirmasi bahwa data yang anda masukkan benar dan tunggu bukti struk transfer dari mesin atm. Jangan lupa untuk mengambil kartu atm di mesin setelah transfer selesai dilakukan.

Daftar Kode Transfer Bank Syariah dan BUMN di Indonesia

Banyak bank berbasis syariah yang ada di indonesia. Berikut akan kami rangkum kode bank beserta nama bank tersebut di bawah ini.

Bank BNI Syariah memiliki kode bank transfer yaitu 427

Bank Syariah Mandiri memiliki kode bank transfer yaitu 451

Bank CIMB Niaga Syariah memiliki kode bank tranfer yaitu 022

Bank BRI Syariah memiliki kode bank transfer yaitu 422

Bank BCA Syariah memiliki kode bank transfer yaitu 536

Bank NTB Syariah memiliki kode bank transfer yaitu 128

Bank BJB Syariah memiliki kode bank transfer yaitu 425

Bank syariah mega memiliki kode bank transfer yaitu 506

FAQ

Bila anda adalah nasabah baru yang masih kebingungan untuk memilih bank yang ingin dipakai.

Berikut telah kami rangkum pertanyaan yang sering ditanyakan seputar BRI Syariah baik dari pengguna nasabah baru maupun masyarakat yang masih memiliki keraguan menggunakan BRI Syariah.

Berapa Kode Transfer BRI Syariah?

Kode transfer bank BRI Syariah yaitu 422

Kenapa selalu Gagal Saat Transfer ke Rekening BRI Syariah ?

Transfer bank mengalami kegagalan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Untuk melakukan pengecekan tersebut anda dapat mencoba ulang melakukan transfer ke nomor rekening yang ingin anda tuju.

Anda dapat mengecek bahwa kode bank yang anda masukkan sudah benar dan diikuti oleh nomor rekening yang sudah benar.

Kemudian cek ulang saldo rekening anda saat ini apakah sudah cukup untuk melakukan transfer ke nomor rekening tujuan anda.

Jika semua pengecekan tersebut sudah benar kemungkinan sedang terjadi kendala di mesin ATM yang sedang anda pakai.

Anda bisa menanyakan hal tersebut ke petugas bank di lokasi anda atau dapat menggunakan mesin ATM lain yang terdekat dari lokasi anda tersebut.

Apakah Ada Biaya Administrasi Saat ingin Transfer ke BRI Syariah ?

Untuk transfer ke sesama bank BRI Syariah tanpamemiliki biaya administrasi.

Tapi bila anda menggunakan rekening lain untuk melakukan transfer ke bank BRI Syariah biasanya akan dikenakan biaya admin sebesar 6500 rupiah per transaksi yang dilakukan.

Apakah Kode Transfer BRI Konvensional dan BRI Syariah Sama ?

Berbeda. Untuk kode transfer bank BRI Konvensional yaitu 002 sedangkan untuk bank BRI Syariah yaitu 422.

Apa Fungsi Kode Transfer BRI Syariah ?

Kode transfer bank digunakan dalam transaksi untuk membedakan Bank BRI Syariah dengan bank bank lain di indonesia sehingga tidak terjadi kesalahan saat melakukan pengiriman tersebut.