Ini Dia Cara Perpanjangan Sim Lebih Cepat dengan Layanan Keliling

Apakah anda sudah tahu jika perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) tidak hanya bisa dilakukan di Satuan Pelayanan Administrasi saja? Saat ini perpanjangan SIM bahkan bisa anda lakukan di mal atau layanan SIM keliling di masing-masing daerah lho!

Setiap daerah yang mengadakan layanan keliling ini memiliki jadwal dan lokasinya masing-masing. Jadi, pastikan untuk datang di waktu yang sesuai dengan jadwal dan lokasinya ya. Jangan sampai anda salah membawa jadwal dan lokasi yang sudah ditentukan. Pastikan untuk datang lebih awal agar proses perpanjangan SIM bisa dilakukan lebih cepat.

cara perpanjangan sim

Dalam satu hari, lokasi layanan SIM keliling ini akan berada di beberapa lokasi. Pastikan untuk memilih lokasi yang paling dekat dengan rumah anda untuk menghindari keterlambatan dan kemacetan, terlebih jika lokasi rumah anda berada di daerah yang rawan macet. Untuk persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan perpanjangan SIM di layanan keliling kurang lebih sama dengan yang dibutuhkan di Satuan Pelayanan Administrasi. Semua syarat yang dibutuhkan bisa anda penuhi dan dapatkan dengan mudah tanpa perlu ribet. Dokumen utama yang perlu anda lengkapi untuk melakukan perpanjangan SIM adalah fotokopi dan asli KTP yang masih berlaku, serta SIM yang akan diperpanjang.

Mungkin Anda Tertarik : Syarat Membuat Paspor Online Tanpa Antri

Kenapa anda harus membawa SIM yang akan diperpanjang? Karena pada dasarnya persyaratan yang diperlukan untuk mengurus perpanjangan SIM dengan SIM yang hilang adalah berbeda. Jika anda tidak membawa SIM lama anda, maka anda tidak diperbolehkan untuk mengajukan permohonan perpanjangan SIM karena petugas pasti akan mengira jika SIM anda sebelumnya hilang.

Hal ini juga menghindari kemungkinan untuk menggandakan identitas orang lain. Seperti yang kita ketahui bahwa SIM merupakan salah satu identitas terpenting bagi seseorang yang bisa digunakan untuk apapun. Jika seseorang berhasil menggandakan identitas anda, maka kondisi tersebut sudah mengancam keamanan dan keselamatan anda.

Berikut Ini Alur Pengajuan Perpanjangan SIM di Layanan Keliling

Perpanjang SIM di layanan keliling tentu akan memberikan beberapa keuntungan seperti jarak yang akan anda temph lebih dekat dan anda tidak perlu mengantre lebih lama. Adapun alur pengajuan perpanjang SIM di Layanan Keliling adalah sebagai berikut :

Datang ke lokasi Layanan Keliling

Untuk mengetahui informasi jadwal dan lokasi dari layanan keliling anda bisa menanyakannya di Satpas tau cukup mengakses google untuk mengetahui lokasi mana saja yang  menyediakan layanan perpanjangan SIM. Pastikan untuk datang lebih awal, usahakan untuk datang di pagi hari agar menghindari antrean yang panjang.

Menyetorkan dokumen persyaratan dan mengisi formulir

Setelah datang di lokasi layanan keliling, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyetorkan dokumen persyaratan seperti KTP dan SIM lama kepada petugas dan mengisi formulir yang berisi nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, dan informasi lain yang dibutuhkan ole petugas. Setelah mengisi dan melengkapi formulir tersebut, anda bisa langsung menyetorkannya kepada petugas.

Baca Juga : Panduan Membuat Paspor Online Tanpa Ribet

Melakukan foto diri dan sidik jari perpanjangan SIM

Setelah dokumen selesai diperiksa oleh petugas dan dirasa sudah lengkap, anda akan diarahkan untuk memasuki bus layanan keliling untuk mengambil foto diri dan sidik jari. Anda juga akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti tes buta warna untuk memastikan anda sedang berada dalam kondisi yang sehat.

Melakukan pembayaran

Jika merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tetang Jenis dan Tarif atas Jenis Peneriaan Negara Bukan Pajak (PNBP) biaya perpanjangan SIM A Rp 80.000 dan SIM C Rp 75.000.