Cara Membuat Paspor Online Bagi Pemula, Mudah Cepat Cukup 5 Menit

Apakah anda belum mengerti cara membuat paspor online ? Ketika hendak melakukan perjalanan ke luar negeri, hal utama yang perlu anda persiapkan adalah paspor. Tanpa paspor anda tidak akan pernah bisa melakukan perjalanan ke luar negeri.

Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang memuat informasi diri untuk digunakan melakukan perjalanan antar negara. Paspor ini akan diberikan sebuah cap atau segel visa oleh pihak imigrasi ketika anda sampai di negara tujuan. Dengan menggunakan paspor, perjalanan anda akan dinilai legal sehingga anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan di luar negeri tanpa perlu merasa khawatir.

Bagi anda yang baru akan membuat paspor, ada beberapa jenis paspor yang wajib untuk anda ketahui. Setidaknya ada 6 jenis paspor yang dikenal di Indonesia, namun yang paling sering digunakan adalah paspor biasa yang sering digunakan untuk perjalanan reguler. Paspor yang dikeluarkan di Indonesia biasanya akan diberi sampul dengan warna hijau tua. Untuk bisa mendapatkan paspor, ada beberapa syarat yang harus anda lengkapi yaitu :

  1. KTP yang masih berlaku, asli dan fotokopi;
  2. KK asli dan fotokopi;
  3. Akta Kelahiran atau surat baptis asli dan fotokopi;
  4. Ijazah terakhir atau buku nikah asli dan fotokopi;
  5. Paspor lama bagi yang akan mengajukan perpanjangan.

Mungkin Anda Tertarik : Syarat Membuat SKCK untuk Melamar Kerja

Panduan Cara Membuat Paspor Online Tanpa Ribet

Saat ini, proses pengajuan pembuatan paspor sudah semakin canggih karena anda bisa melakukannya secara online, berikut ini cara membuat paspor secara online :

1. Download Aplikasi Layanan Membuat Paspor Online

Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah mendownload Aplikasi Layanan Paspor Online melalui PlayStore maupun Appstore. Kemudian mengikuti langkah yang ada di dalam aplikasi untuk bisa melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri seperti nama lengkap, NIK, nomor HP aktif, email, dan alamat lengkap.

2. Menentukan jadwal pembuatan paspor

Setelah mengisi data pendaftaran, anda akan diminta untuk memilih jadwal atrian dan memilih kantor imigrasi terdekat. Pastikan untuk mengecek kembali jadwal dan lokasi yang anda pilih agar tidak salah tempat maupun jadwal. Setelah memilih jadwal dan lokasi, anda akan menerima kode booking atau barcode yang merupakan bukti bahwa anda sudah melakukan pendaftaran secara online. Bawa kode booking atau barcode tersebut saat menuju ke Kantor Imigrasi.

3. Datang ke Kantor Imigrasi

Selain membawa kode booking atau barcode yang anda dapatkan saat pendaftaran ketika anda membuat paspor online, jangan lupa untuk membawa dokumen lain seperti KTP, KK, Akta, dan lain-lain. Disarankan untuk datang 15 menit lebih awal dan berpakaian sopan.

4. Mengambil foto diri, sidik jari, dan wawancara

Setelah dokumen dan kode booking atau barcode sudah anda serahkan kepada petugas dan pengecekan dokumen lengkap, anda akan diarahkan untuk megambil foto diri, sidik jari, dan wawancara. Hindari menggunakan pakaian berwarna putih agar foto terlihat lebih jelas saat melakukan pemeriksaan di negara tujuan anda.

5. Melakukan pembayaran Paspor Online

Setelah selesai melakukan foto, sidik jari, dan wawancara anda akan mendapatkan bukti pembayaran atau billing yang bisa anda bayarkan di berbagai bank maupun kantor pos. Biaya yang akan anda keluarkan akan tergantung pada paspor yang anda pilih dengan kisaran harga Rp 350.000 – Rp 650.000.

Baca Juga : Cara Membuat SKCK untuk Melamar BUMN, PNS dan Swasta

6. Mengambil paspor

Setelah melakukan pembayaran, biasanya paspor akan jadi setelah 4 hari dari proses pembayaran. Pastikan untuk datang sesuai jadwal dan tepat waktu.

Saat melakukan pengambilan paspor jangan lupa untuk mengecek kembali semua kelengkapan informasi yang ada, pastikan identitas diri yang ada jangan sampai salah. Mudah bukan? Selamat mengurus paspor dan nikmati perjalanan ke luar negeri!